Panduan Utama untuk Menargetkan Generasi Milenial Indonesia di Media Sosial

Generasi milenial adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Mereka memiliki daya beli dan pengaruh yang terus meningkat, dan mereka adalah pengguna setia media sosial.

Menurut laporan Indonesia Millennial Summit 20201, milenial didefinisikan sebagai mereka yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, dan mereka terdiri dari sekitar 34% dari populasi Indonesia. Mereka juga merupakan pengguna media sosial yang paling aktif di Indonesia, dengan rata-rata 3,6 jam menghabiskan waktu di media sosial per hari.

Tetapi bagaimana Anda menjangkau audiens yang sangat besar dan berpengaruh ini? Bagaimana cara Anda membuat konten yang menarik minat mereka, berbicara dengan nilai-nilai mereka, dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan?

Itulah inti dari artikel ini. Saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa strategi dan tips yang sudah terbukti yang akan membantu Anda menargetkan milenial Indonesia di media sosial dan mengembangkan bisnis Anda.

Anda akan menemukannya:

  1. Apa yang membuat generasi milenial Indonesia berbeda dari generasi lainnya dan apa yang paling mereka pedulikan
  2. Platform media sosial mana yang terbaik untuk menjangkau milenial Indonesia dan cara mengoptimalkan profil Anda di masing-masing platform
  3. Bagaimana cara membuat konten yang menarik dan otentik yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi milenial Indonesia.
  4. Cara melacak performa media sosial Anda dan meningkatkan kampanye Anda untuk hasil yang maksimal

Di akhir artikel ini, Anda akan memiliki peta jalan yang jelas untuk menargetkan milenial Indonesia di media sosial dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

Siap? Mari menyelam!

Apa yang membuat generasi milenial Indonesia berbeda dari generasi lainnya, dan apa yang paling mereka pedulikan

Generasi milenial Indonesia adalah kelompok yang beragam dan dinamis. Mereka memiliki latar belakang, preferensi, dan aspirasi yang berbeda. Tetapi mereka juga memiliki beberapa kesamaan yang membuat mereka menonjol dari generasi lainnya. Pada bagian ini, saya akan mengungkapkan beberapa sifat dan nilai yang mendefinisikan generasi milenial Indonesia dan mengapa Anda harus peduli dengan mereka.

Mereka melek teknologi dan terhubung

Generasi milenial Indonesia adalah generasi digital. Mereka tumbuh dengan teknologi dan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Mereka tahu cara menggunakan berbagai perangkat dan platform untuk berkomunikasi, belajar, bekerja, berbelanja, dan menghibur diri.

Dan mereka sering melakukannya.

Tahukah Anda bahwa generasi milenial Indonesia menghabiskan rata-rata 4 jam per hari di media sosial? Itu jauh lebih tinggi dari rata-rata global yang hanya 2,5 jam. Dan mereka tidak hanya menggunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Mereka juga menggunakannya untuk mengikuti merek, selebriti, influencer, dan gerakan favorit mereka.

Artinya, jika Anda ingin menjangkau milenial Indonesia, Anda harus berada di tempat mereka berada: di media sosial. Namun, tidak sembarang platform media sosial bisa digunakan. Anda perlu mengetahui mana yang paling populer di kalangan milenial Indonesia dan bagaimana mengoptimalkan profil Anda di masing-masing media sosial. Jangan khawatir, saya akan membahasnya di bagian berikutnya.

Mereka ambisius dan optimis

Generasi milenial Indonesia memiliki mimpi dan harapan yang besar untuk diri mereka sendiri dan masa depan mereka. Mereka percaya diri dengan kemampuan dan potensi mereka. Mereka bersedia bekerja keras untuk mencapai tujuan dan impian mereka.

Namun, apa saja tujuan dan impian tersebut? Nah, menurut survei dari IDN Research Institute, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. 74% generasi milenial Indonesia ingin memulai bisnis mereka sendiri suatu hari nanti
  2. 69% ingin berkeliling dunia
  3. 67% ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri
  4. 65% ingin memberikan dampak positif bagi masyarakat

Wow! Itu sangat mengesankan! Hal ini menunjukkan bahwa generasi milenial Indonesia tidak malas atau tidak memiliki hak, seperti yang mungkin disarankan oleh beberapa stereotip. Mereka sebenarnya sangat termotivasi dan bersemangat.

Artinya, jika Anda ingin menarik perhatian generasi milenial Indonesia, Anda perlu menunjukkan kepada mereka bagaimana merek Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan dan impian mereka.

Anda harus menginspirasi mereka dengan kisah-kisah sukses, petualangan, pendidikan, dan kebaikan sosial. Anda perlu menarik aspirasi dan emosi mereka.

Mereka memiliki kesadaran sosial

dan sadar lingkungan

Generasi milenial Indonesia peduli dengan isu-isu yang mempengaruhi negara mereka dan dunia. Mereka lebih sadar akan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, korupsi, pelanggaran hak asasi manusia, ketidaksetaraan gender, intoleransi agama, dan lain-lain.

Mereka juga lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan seperti perubahan iklim, polusi, deforestasi, konservasi satwa liar, dan lain-lain.

Menurut survei yang dilakukan oleh Nielsen, 85% generasi milenial Indonesia mengatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk produk yang memiliki manfaat sosial atau lingkungan.

Artinya, jika Anda ingin memenangkan hati para milenial Indonesia, Anda harus menunjukkan kepada mereka bagaimana merek Anda bertanggung jawab, beretika, dan berkelanjutan. Anda perlu menunjukkan bagaimana merek Anda membuat perbedaan di dunia atau mendukung tujuan yang penting bagi mereka. Anda harus menyelaraskan nilai-nilai merek Anda dengan nilai-nilai mereka.

Mereka menghargai keaslian

dan personalisasi. Generasi milenial Indonesia mendambakan keaslian dalam segala hal yang mereka konsumsi. Mereka menginginkan merek yang jujur, transparan, dan asli.

Mereka tidak menyukai berita palsu, ulasan palsu, atau influencer palsu.

Mereka menginginkan merek yang memahami mereka, menghormati mereka, dan memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka. Mereka menginginkan produk yang disesuaikan, unik, dan relevan dengan gaya hidup, kepribadian, dan identitas mereka.

Artinya, jika Anda ingin terhubung dengan generasi milenial Indonesia, Anda harus otentik dalam komunikasi dan pembuatan konten Anda. Anda harus menjadi diri sendiri dan menunjukkan kepribadian dan suara Anda. Anda perlu mempersonalisasi pesan dan penawaran Anda berdasarkan minat dan perilaku mereka.

Ini adalah beberapa karakteristik dan nilai utama dari generasi milenial Indonesia yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin menjangkau mereka di media sosial. Namun, mengetahui mereka saja tidak cukup.

Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan media sosial secara efektif untuk berinteraksi dengan mereka dan mengembangkan bisnis Anda.

Platform media sosial mana yang terbaik untuk menjangkau milenial Indonesia, dan mengapa mereka suka menggunakannya

Jika Anda ingin menjangkau generasi milenial Indonesia, Anda perlu mengetahui di mana mereka bergaul secara online. Dan itulah media sosial.

Namun bukan sembarang media sosial. Anda perlu mengetahui platform mana yang paling sering mereka gunakan, dan apa yang mereka lakukan di platform tersebut.

Menurut DataReportal, ini adalah empat saluran media sosial teratas di Indonesia:

  1. Facebook: 129,9 juta pengguna
  2. Instagram: 173,6 juta pengguna
  3. WhatsApp: 166,4 juta pengguna
  4. TikTok: 69,8 juta pengguna

Tetapi apa yang lebih mereka sukai untuk digunakan?

Menurut laporan IDN Times, media sosial yang paling disukai oleh generasi milenial di Indonesia adalah Instagram, diikuti oleh YouTube dan WhatsApp.

Laporan ini mensurvei 9.636 responden berusia 20 hingga 39 tahun di 34 provinsi di Indonesia. Laporan tersebut menemukan bahwa Instagram adalah platform media sosial yang paling populer di kalangan milenial, dengan 97% dari mereka menggunakannya secara teratur.

YouTube adalah yang terpopuler kedua, dengan 95% dari mereka sering menonton video di sana.

WhatsApp adalah yang terpopuler ketiga, dengan 94% dari mereka menggunakannya untuk tujuan komunikasi dan informasi.

Sumber lain dari Warta Ekonomi juga menegaskan bahwa Instagram dan YouTube merupakan platform media sosial yang paling dipercaya oleh generasi milenial dan Gen Z di Indonesia.

Sumber tersebut mengutip sebuah survei dari JakPat Mobile Survey Platform yang melibatkan 1.000 responden berusia 16 hingga 40 tahun di seluruh Indonesia. Survei tersebut mengungkapkan bahwa Instagram dan YouTube adalah dua platform yang memiliki kredibilitas tertinggi di kalangan anak muda Indonesia, terutama untuk berita dan opini.

Tapi bagaimana dengan TikTok? Platform sosial baru ini telah mengambil alih Gen Z. Apakah ini juga mendapatkan daya tarik di kalangan milenial?

Mereka memang menggunakan TikTok, tetapi tidak sepopuler Instagram atau YouTube di kalangan milenial di Indonesia.

Menurut Statista, TikTok memiliki 25% penggunanya yang merupakan wanita berusia antara 18 dan 24 tahun dan 18% adalah pria dalam kelompok usia yang sama pada Januari 2022. Ini berarti TikTok lebih populer di kalangan Gen Z daripada milenial. Namun, TikTok masih berkembang pesat dalam hal pendapatan dan basis pengguna secara global, sehingga TikTok mungkin akan menjadi lebih populer di kalangan milenial di Indonesia di masa depan.

3 Tips Sederhana untuk Membuat Konten Media Sosial Anda Menarik Bagi Orang Indonesia

Anda ingin menjual layanan Anda kepada orang Indonesia. Namun, bagaimana cara mendapatkan perhatian mereka di media sosial?

Mereka selalu menelusuri Instagram dan YouTube, mencari sesuatu yang menarik untuk ditonton atau dibagikan. Anda perlu membuat konten yang menonjol dan berbicara kepada mereka.

Begini caranya:

  • Kiat #1: Buatlah visual. Orang Indonesia menyukai visual. Mereka ingin melihat produk atau layanan Anda beraksi. Gunakan foto, grafik, video, atau animasi yang penuh warna dan menarik. Tunjukkan kepada mereka betapa hebatnya layanan Anda.
  • Kiat #2: Ikuti tren. Orang Indonesia adalah pencipta tren. Mereka mengikuti tren dan meme terbaru di media sosial. Anda dapat ikut bersenang-senang dengan membuat konten yang berhubungan dengan tren atau mengolok-oloknya. Gunakan tagar, filter, tantangan, atau lelucon populer untuk membuat konten Anda lebih relevan dan menghibur.
  • Tp #3: Dukunglah suatu tujuan. Masyarakat Indonesia peduli dengan isu-isu sosial. Mereka ingin melihat merek yang mendukung tujuan yang penting bagi mereka. Anda dapat menunjukkan tanggung jawab sosial Anda dengan membuat konten yang meningkatkan kesadaran atau mendukung tujuan yang selaras dengan nilai-nilai merek Anda. Misalnya, Anda dapat berbicara tentang isu lingkungan, isu hak asasi manusia, atau isu keanekaragaman budaya.

Tips berikut ini akan membantu Anda membuat konten untuk media sosial yang akan menarik dan melibatkan pengguna Indonesia yang mungkin akan menjadi pelanggan Anda.

Sekarang sampai pada bagian terakhir dari panduan ini, yaitu tentang pengukuran dan pelacakan data.

Cara melacak performa media sosial Anda dan meningkatkan kampanye Anda untuk hasil yang maksimal

Influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut dan penggemar yang mempercayai dan mendengarkan mereka. Mereka dapat membantu Anda menyebarkan berita tentang produk atau layanan Anda kepada audiens target Anda. Hal ini terutama terjadi di Indonesia, di mana influencer marketing sangat populer dan efektif.

Tapi bagaimana Anda tahu jika kampanye influencer marketing Anda berhasil?

Pertama, Anda harus tahu cara memilih yang tepat, dan kemudian melacak hasilnya.

Di Incify, kami bekerja dengan beberapa influencer per kampanye dan melakukan tes A/B sambil berjalan. Mereka yang berkinerja lebih baik menerima lebih banyak pekerjaan.

Melacak kampanye influencer marketing Anda dapat membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya.

Berikut adalah beberapa alat dan metrik yang perlu Anda lacak:

  • Pelacakan tautan. Alat ini membantu Anda melacak berapa banyak lalu lintas dan penjualan yang dibawa oleh influencer ke situs web atau halaman arahan Anda. Anda dapat menggunakan tautan yang berbeda untuk setiap influencer atau kampanye untuk mengukur kinerja mereka.
  • Tayangan. Metrik ini menunjukkan kepada Anda berapa kali postingan influencer Anda dilihat oleh audiens mereka atau orang lain di media sosial. Ini memberi tahu Anda berapa banyak eksposur dan kesadaran yang didapat dari kampanye Anda.
  • Keterlibatan. Metrik ini menunjukkan kepada Anda seberapa banyak orang yang terlibat dengan postingan influencer Anda. Ini termasuk suka, komentar, klik, tampilan, dll. Ini memberi tahu Anda seberapa besar minat dan kepercayaan yang dibangun oleh kampanye Anda.
  • Komentar. Metrik ini menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang yang mengomentari postingan influencer Anda. Ini memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan calon pelanggan dan menjawab pertanyaan atau keberatan mereka.
  • Tambahkan ke pesanan. Metrik ini menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang yang menambahkan produk atau layanan Anda ke keranjang atau daftar keinginan mereka setelah melihat postingan influencer Anda. Ini memberi tahu Anda berapa banyak permintaan dan keinginan yang diciptakan oleh kampanye Anda.

Dengan melacak alat dan metrik ini secara teratur, Anda bisa mendapatkan wawasan berharga ke dalam kampanye influencer marketing Anda dan mengoptimalkannya untuk hasil yang lebih baik.

Kesimpulan

Singkatnya, generasi milenial Indonesia adalah generasi yang melek teknologi, ambisius, sadar sosial, dan menghargai keaslian dan personalisasi.

Mereka adalah pengguna setia media sosial dan memiliki preferensi sendiri dalam hal platform. Untuk menjangkau mereka di media sosial, penting untuk memahami nilai dan perilaku mereka, termasuk platform media sosial yang mereka sukai seperti Instagram, YouTube, dan WhatsApp.

Membuat konten visual, mengikuti tren, dan mendukung sebuah gerakan merupakan cara yang efektif untuk menarik dan melibatkan generasi milenial Indonesia.

Dengan melacak performa media sosial dan mengoptimalkan kampanye influencer marketing, Anda dapat mengukur kesuksesan dan terus meningkatkan upaya Anda.

Dengan strategi dan tips ini, Anda dapat memecahkan kode untuk menargetkan milenial Indonesia di media sosial dan mengembangkan bisnis Anda.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk membawa upaya pemasaran Anda ke tingkat berikutnya dan mengubah generasi milenial Indonesia menjadi pelanggan setia.

Jika Anda ingin memanfaatkan kekuatan influencer marketing di Indonesia, Incify dapat membantu Anda. Tim pemasar kami yang berpengalaman dapat membantu Anda menemukan influencer yang tepat untuk merek Anda, membuat kampanye yang efektif, dan melacak hasil Anda.

Lihat layanan influencer marketing kami dan lihat bagaimana kami dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Bacaan lebih lanjut: infografik kebiasaan media sosial milenial Indonesia dari Brilio.net (diterbitkan pada tahun 2017, agak ketinggalan zaman, tapi akan memberikan gambaran yang bagus).