Kalender Konten SEO: Cara Memperluas Semesta Kata Kunci Anda

Kebanyakan orang tahu bahwa untuk menjadi sukses, mereka harus terorganisir dan memiliki rencana. Yang tidak disadari oleh banyak orang adalah bahwa memiliki rencana tidak hanya untuk hal-hal besar – tetapi juga untuk hal-hal kecil. Di situlah kalender konten SEO berperan.

Dalam artikel ini, kami akan membahasnya:

  1. Apa itu kalender konten SEO, dan mengapa Anda membutuhkannya
  2. Apa itu kata kunci semesta, dan mengapa itu penting
  3. Cara menemukan kata kunci untuk ditargetkan
  4. Bagaimana merencanakan kalender editorial Anda secara strategis
  5. Kiat untuk memperluas semesta kata kunci Anda
  6. Kiat tentang cara mengarahkan lalu lintas dari blog Anda menuju titik konversi
  7. Templat kalender konten SEO yang akan membuat hidup Anda sangat mudah

Apa yang dimaksud dengan kalender konten SEO, dan mengapa Anda memerlukannya?

Kalender konten SEO adalah rencana yang memberi tahu Anda kapan harus membuat dan mempublikasikan konten tertentu, dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna, profesional bisnis, potensi ROI, dan musim. Dengan kata lain, kalender konten memungkinkan anggota tim mengetahui masa depan strategi pemasaran konten mereka.

Membuat kalender konten SEO penting untuk beberapa alasan. Pertama, ini dapat memastikan bahwa situs web Anda secara teratur menerbitkan konten baru dan segar yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Selain itu, memiliki kalender konten dapat membantu Anda melacak kemajuan situs web Anda menuju sasaran SEO, dan dapat membantu Anda mengidentifikasi celah dalam strategi pemasaran konten Anda.

Terakhir, kalender konten SEO memungkinkan Anda untuk mengisi celah antara konten Anda dan pesaing Anda sehingga pengguna akan memikirkan Anda terlebih dahulu.

Jika Anda menjalankan bisnis produk atau layanan, memanfaatkan kalender konten memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan konten Anda beberapa minggu hingga beberapa bulan sebelumnya akan memastikan bahwa Anda tidak perlu stres dalam menemukan ide untuk posting blog atau artikel.
  2. Kalender konten adalah cara yang efektif untuk memastikan strategi SEO Anda dijalankan.
  3. Dengan menggunakan kalender editorial, Anda dapat menjaga strategi konten Anda tetap terkendali dan menghindari bencana yang hampir terjadi, seperti lupa memposting atau secara tidak sengaja menerbitkan duplikat.
  4. Paket konten membatasi seberapa sering Anda harus membuat postingan baru sehingga situs Anda selalu memiliki konten yang segar. Sebagai bonus, hal ini juga membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.
  5. Dengan memetakan strategi pemasaran konten Anda dalam kalender editorial, Anda dapat lebih mudah mengidentifikasi di mana perbaikan perlu dilakukan.
  6. Jika Anda mengelola tim penulis, kalender konten dapat membantu Anda melacak tugas dan tenggat waktu serta memastikan bahwa setiap tulisan berjalan dengan lancar melalui proses editorial.

Apa yang dimaksud dengan kata kunci semesta, dan dapatkah Anda memperluasnya?

Semesta kata kunci adalah total semua peringkat untuk setiap kata kunci di semua halaman Anda. Jadi, jika Anda memiliki 10 halaman yang masing-masing memiliki peringkat untuk 10 kata kunci antara halaman 1-10, maka semesta kata kunci Anda adalah 100.

Sebagian besar lalu lintas Anda berasal dari kata kunci tersebut – beberapa mungkin bermerek, dan beberapa tidak bermerek.

Semakin banyak konten yang Anda terbitkan, semakin banyak kata kunci yang Anda tambahkan, dan jika ada halaman Anda yang berada di dekat halaman 1 (di mana sebagian besar visibilitas berada), semakin banyak kata kunci yang didapat.

Mengapa penting untuk memperluas alam semesta itu?

Tujuan utama dari melakukan SEO adalah untuk mendorong sebanyak mungkin kata kunci ke halaman 1 karena di situlah sebagian besar pengguna pergi. Mereka jarang membuka halaman 2 atau 3 dan lebih cenderung mencari kata kunci yang berbeda.

Namun, perjalanan ke halaman 1 adalah sebuah perjalanan.

Ketika Anda pertama kali menerbitkan sebuah artikel, perlu waktu untuk membangun otoritas yang cukup untuk bersaing, jadi mulailah dengan permulaan yang sederhana – sering kali di halaman 10, di mana persaingannya tidak sulit.

Saat Anda membangun otoritas situs Anda, dan artikel tersebut mulai mendapatkan perhatian (kunjungan, tautan, dll.), artikel tersebut perlahan-lahan akan naik ke halaman 5-8 (zona hijau), kemudian ke halaman 2-3 (zona LHF) hingga cukup kuat untuk bersaing memperebutkan tempat utama (10 besar, atau yang kami sebut sebagai zona merah).

Situasi yang ideal adalah mendorong kata kunci ke zona merah sambil terus menambahkan kata kunci ke zona hijau/kuning – dengan cara ini, Anda akan memiliki dinamika pergerakan kata kunci yang sehat dan terus berkembang.

Sekarang Anda sudah mengetahui nilai dari memiliki kalender konten yang tepat, mari kita tunjukkan bagaimana merencanakannya dengan cara yang benar.

Cara menemukan kata kunci untuk ditargetkan

Sebelum Anda dapat membuat kalender konten yang efektif, Anda harus meneliti dan memilih kata kunci yang tepat. Jika Anda melewatkan langkah ini, hasil akhirnya adalah kalender Anda akan gagal mendapatkan peringkat untuk kata kunci apa pun dan menghasilkan lalu lintas.

Ada banyak alat gratis tetapi, dalam contoh ini, saya akan menggunakan SEMrush.

Ada berbagai cara untuk menemukan kata kunci – cara terbaik adalah dengan menganalisis kata kunci pesaing Anda.

Jika pesaing Anda berada di peringkat antara halaman 1 dan 2 untuk kata kunci tertentu, Anda akan kehilangan kesempatan jika Anda tidak berada di sana juga.

Mengapa halaman 1 & 2?

Di situlah sebagian besar visibilitas berada. Pengguna sering kali menemukan apa yang mereka cari di halaman pertama, tetapi jarang sekali mereka membuka halaman 2. Perilaku yang paling umum dilakukan setelah tidak menemukan kecocokan di halaman pertama adalah mencari kata kunci baru.

Mari kita gunakan sebuah contoh di sini. Ahrefs vs SEMrush. Keduanya melakukan hal yang sama persis, dan mereka bersaing pada setiap kata kunci yang relevan dengan SEO. Dan dalam contoh ini, kita merencanakan konten untuk SEMrush.

Langkah 1: Buka SEMrush > Penelitian kompetitif > Kesenjangan Kata Kunci.

Langkah 2: Tambahkan pesaing sebagai root domain dan terapkan filter di sana sehingga hanya menampilkan kata kunci yang diperingkat oleh Ahrefs di 20 besar, tetapi tidak oleh SEMrush.

Langkah 3: Gunakan filter (BPK>5, Volume>100, kata kunci yang mengandung “SEO”) dan pilih “Hilang”

Dasbor Semrush Yang Menunjukkan Kata Kunci Yang Hilang Dari Pesaing

Ada sekitar 41 kata kunci yang hilang yang tidak diberi peringkat oleh SEMrush atau tidak memiliki konten yang dapat bersaing. Ekspor daftar tersebut, dan analisis lebih lanjut halaman peringkat dari para pesaing

Lembar Google Yang Menampilkan Kata Kunci Dengan Metrik Seperti Cpc Dan Halaman Target

Dari daftar tersebut, Anda bisa mendapatkan lebih banyak data seperti nilai CPC, maksud kata kunci, halaman peringkat, dan volume pencarian.

Dari sana, Anda dapat melihat konten tersebut sebagai sumber inspirasi dan mengajukan satu pertanyaan sederhana: Apakah ada sesuatu yang tidak tercakup dalam artikel itu? Jika ya – dan selalu ya karena setiap bisnis memiliki sudut pandang yang unik – tambahkan ke daftar target kata kunci Anda.

Bagaimana merencanakan kalender editorial Anda secara strategis.

Sekarang kita memiliki daftar kata kunci yang akan ditargetkan, saatnya merencanakannya secara strategis ke dalam kalender.

Anda bisa menggunakan alat apa saja – salah satu yang kami sukai adalah Notion.

Sebelum kita membahasnya, apa itu perencanaan strategis?

Memiliki rencana strategis seperti memiliki kalender dengan tujuan, dan tampilannya seperti ini:

  1. Anda tahu kata kunci utama yang ingin Anda menangkan dengan konten Anda.
  2. Anda memiliki tujuan yang jelas (misalnya, meningkatkan lalu lintas dari bagian atas corong TOFU).
  3. Anda tahu persis audiens untuk konten tersebut.
  4. Anda memiliki strategi yang jelas untuk membawa pelanggan ke titik konversi (halaman penjualan, penawaran, dll.).

Sebagian besar bisnis mengikuti kalender yang berpusat pada diri sendiri yang terutama berbicara tentang berita perusahaan dan mengapa mereka yang terbaik. Jauhi itu!

Sebaliknya, pilihlah kalender yang berpusat pada pelanggan yang menjawab pertanyaan, memberikan informasi, dan mengedukasi. Lebih banyak tentang Mengapa daripada Apa. Itulah yang terbaik untuk SEO.

Memiliki kalender editorial yang tertata dengan baik, memberikan banyak keuntungan.

  1. Anda dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk menulis dan menjadwalkan konten untuk platform media sosial Anda.
  2. Dengan gambaran umum yang komprehensif tentang semua aspek bisnis Anda, Anda dapat dengan cepat beradaptasi dengan apa pun yang Anda hadapi.
  3. Ini akan meningkatkan cara tim pemasaran Anda bekerja bersama dan dengan orang lain yang terlibat dalam perusahaan Anda.
  4. Ini memberi Anda kemampuan untuk menulis ulang atau menggunakan konten lama.
  5. Anda dapat dengan mudah melacak dan mengukur kemajuan pemasaran Anda terhadap tujuan tertentu untuk melihat dengan tepat apa yang berhasil.
  6. Ini memungkinkan Anda untuk melacak kinerja halaman Anda dari waktu ke waktu.

Kiat untuk memperluas semesta kata kunci Anda

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu memandu Anda melalui pencarian Anda untuk memperluas dunia kata kunci Anda hingga menjadi luas dan dalam, penuh dengan konten bagus yang memiliki peringkat untuk ribuan kata kunci.

  1. Selalu lihat peringkat 20 besar pesaing Anda – Anda akan terkejut dengan apa yang akan Anda temukan di sana.
  2. Bagilah kata kunci Anda menjadi dua (primer dan sekunder) dan buatlah daftar singkatnya. Hal ini akan membantu memandu para penulis tentang sub-topik apa yang harus dimasukkan.
  3. Tulislah penjelasan singkat yang mendetail untuk penulis yang menjelaskan semuanya.
  4. Selalu lacak kata kunci Anda segera setelah menerbitkan konten.
  5. Miliki rencana konten SEO yang selalu aktif yang berfokus pada penambahan konten baru setiap bulan. Konsistensi adalah kunci kesuksesan.
  6. Manfaatkan konten Anda dengan menggunakannya sebagai dasar untuk postingan media sosial Anda.
  7. Fokuslah pada pengguna dan audiens Anda, bukan pada Google. Jika Anda menulis hanya untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Templat kalender konten SEO yang akan membuat hidup Anda sangat mudah

Memiliki templat yang dipikirkan dengan matang sangat penting untuk kesuksesan karena memastikan semua konten Anda bekerja sama untuk mencapai tujuan Anda yang lebih besar. Biasanya, perencanaan templat melibatkan pemetaan kampanye dan acara yang akan terjadi dalam 12 bulan ke depan, lalu memecahnya menjadi beberapa kategori seperti:

  1. Tujuan
  2. Taktik dan frekuensi
  3. Anggota tim atau departemen yang bertanggung jawab
  4. Kolaborator penting
  5. Saluran distribusi utama
  6. Tenggat waktu penerbitan
  7. Kata kunci utama/Sekunder
  8. Referensi dari halaman 1 untuk mendapatkan inspirasi
  9. Gambar/desain
  10. Postingan yang relevan di media sosial
  11. CTA untuk mendorong tindakan
  12. Penawaran jika ada (bisa dalam bentuk pop-up)

Kalender konten kami terlihat seperti ini.

Contoh Rencana Kalender Konten Seo Dari Notion

dan brief tersebut memiliki banyak kolom yang sering kami isi sebelum mengirimkannya kepada penulis.

Panduan Singkat Dengan Banyak Kolom Untuk Membantu Penulis Dalam Menulis Konten Berkualitas

Anda dapat mengunduhnya dari sini

Kesimpulan

Kalender konten adalah bagian penting dari strategi SEO atau pemasaran. Ini membantu Anda tetap terorganisir dan memastikan semua konten Anda bekerja sama untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Kami telah menyediakan templat kalender konten SEO yang berguna yang dapat digunakan di Google Sheets, Asana, Notion, atau alat bantu apa pun yang Anda sukai. Pastikan untuk mengunduhnya dan menggunakannya untuk merencanakan 12 bulan ke depan untuk kesuksesan SEO dan pemasaran Anda!

Dan jika Anda ingin membawa rencana konten Anda ke tingkat berikutnya, biarkan kami merencanakannya untuk Anda. Kami menawarkan layanan perencanaan dan penulisan konten lengkap yang menangani semuanya.