Cara Menggunakan Analisis Kompetitif SEO untuk Mengungkap Peluang

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mengumpulkan data tentang pesaing Anda dan bagaimana informasi tersebut dapat membantu Anda membangun strategi SEO yang andal.

Meskipun ada banyak pilihan GRATIS dan berbayar yang tersedia, saya akan berfokus pada alat yang melakukan pekerjaan yang mengesankan dalam analisis pesaing: SEMrush!

Inilah yang akan kita bahas:

1. Apa yang dimaksud dengan analisis persaingan SEO, dan mengapa itu penting?

2. Manfaat menggunakan alat analisis kompetitif SEO.

3. Cara menggunakan SEMrush untuk analisis kompetitif SEO.

4. Bagaimana menerapkan temuan dari analisis pesaing Anda.

Mari kita gali!

Apa itu analisis persaingan SEO, dan mengapa itu penting?

Sederhananya, analisis kompetitif SEO adalah mempelajari pesaing Anda untuk mempelajari strategi apa yang mereka gunakan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan hasil yang lebih baik. Proses ini melibatkan investigasi kata kunci mereka, memahami jenis backlink yang mereka miliki, mengamati kalender konten mereka, dan banyak lagi.

Dengan menganalisis semua data ini, Anda dapat mengembangkan strategi SEO yang lebih baik yang akan membantu Anda mencapai hasil yang luar biasa. Analisis akan memberikan jawaban, jejak kesuksesan, bukti konsep, dan hal-hal lain yang akan memberi Anda arahan.

Izinkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana kami melakukannya untuk klien kami dan mengapa.

Sebagai contoh, banyak dari klien kami adalah perusahaan rintisan atau bisnis kecil yang mungkin tidak tahu harus memulai dari mana, atau sudah memulai tetapi menuju ke arah yang salah.

Tugas kami sebagai agensi adalah menempatkan mereka pada lintasan yang menjamin hasil.

Dalam kebanyakan kasus, hasil berarti lebih banyak prospek untuk bisnis B2B atau lebih banyak penjualan produk jika B2C.

Sebelum menerima klien, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penilaian web – audit komprehensif yang mencakup setiap detail.

Ini dilengkapi dengan rencana konten 6-12 bulan dan strategi komprehensif berdasarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Strategi tersebut didasarkan pada data historis klien (temuan asesmen), pengalaman kami di lapangan, dan apa yang telah kami pelajari dari para pesaing klien.

Hari ini, kita akan membahas tentang analisis pesaing SEO yang kita andalkan selama tahap penelitian sebelum membuat penilaian.

Btw, kami menawarkan versi gratis dari penilaian tersebut (bentuk yang lebih sederhana) untuk bisnis apa pun yang memintanya – jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, lihat artikel ini: penilaian web gratis, semua yang perlu Anda ketahui!

Manfaat menggunakan analisis persaingan SEO

Ada sejumlah manfaat menggunakan analisis kompetitif SEO ketika mencoba meningkatkan peringkat situs web Anda. Pertama, ini dapat membantu Anda menemukan peluang yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya.

Sebagai contoh, jika Anda melihat bahwa pesaing Anda memiliki peringkat yang bagus untuk kata kunci tertentu, Anda mungkin dapat menemukan cara untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tersebut.

Manfaat lain dari analisis kompetitif adalah dapat membantu Anda mengidentifikasi kelemahan pesaing. Jika Anda dapat menemukan cara untuk mengeksploitasi kelemahan ini, Anda mungkin dapat mengungguli mereka di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Terakhir, analisis kompetitif juga dapat membantu Anda memahami strategi SEO pesaing Anda dengan lebih baik. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi Anda sendiri dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Cara menggunakan SEMrush untuk analisis persaingan SEO

Sebelum kita mulai, mari kita jelajahi jenis-jenis wawasan yang dapat kita peroleh dari penggunaan SEMrush untuk menganalisis situs web pesaing. Ini termasuk:

  • Menemukan kata kunci halaman 1 pesaing (kata kunci yang membawa sebagian besar lalu lintas ke situs mereka)
  • Menemukan postingan blog teratas pesaing (konten yang mendorong sebagian besar lalu lintas)
  • Menemukan backlink terbaik pesaing
  • Menemukan kata kunci pesaing dengan nilai BPK tertinggi
  • Menganalisis iklan pesaing (salinan, materi iklan)
  • Menganalisis ulasan pesaing (apa yang dikatakan pelanggan mereka tentang mereka)

Semua itu dapat diekstraksi dengan menggunakan SEMrush. Ada alat lain yang bisa mengekstrak lebih banyak data, seperti Spyfu, dan Simimlarweb, tetapi Anda tidak memerlukan semua itu.

Mari kita mulai dengan yang pertama.

Menemukan kata kunci halaman 1 pesaing

Sebelum kita melakukannya, mari kita bahas alasannya.

Mengapa kita membutuhkan data tersebut, dan apa yang dapat kita lakukan dengan data tersebut?

Visibilitas bergantung pada peringkat halaman 1 karena pengguna tidak pernah membuka halaman 2 atau 3 untuk mendapatkan jawaban.

Kapan terakhir kali Anda mencari sesuatu di Google, dan Anda tidak dapat menemukan jawabannya di halaman 1? Sangat jarang, saya yakin – dan jika Anda tidak dapat menemukan apa pun, Anda akan cenderung mencoba kata kunci yang berbeda, bukan?

Visibilitas trafik sering kali turun hingga 50% di pertengahan halaman pertama – pada saat Anda mencapai halaman 2 atau 3, visibilitasnya sangat rendah.

Jika peringkat rata-rata kata kunci Anda berada di halaman 6, lalu lintas organik Anda akan terbatas pada merek (pengguna yang mengetahui nama merek Anda), dan Anda akan kehilangan peluang.

Jika Anda melihat kata kunci halaman 1 pesaing Anda, Anda akan tahu kata kunci apa yang mendorong sebagian besar lalu lintas mereka, dan itulah yang akan kami lakukan.

Kami akan menggunakan SEMrush sebagai contoh, dengan hanya melihat data mereka sendiri (Anda dapat mengikuti contoh dengan URL apa pun).

Kunjungi SEMrush, dan itu sangat mudah.

Buka Ikhtisar domain > masukkan domain pesaing.

SEMrush akan menganalisis situs dan memberikan gambaran umum tentang semua metrik.

Ikhtisar Domain Semrush Yang Menampilkan Metrik

Dari sana, cari laporan “kata kunci organik teratas” > lihat detailnya.

Ini akan membawa Anda ke bagian laporan kata kunci.

Gunakan filter dan saring 10 posisi teratas.

Buka filter lanjutan, dan kecualikan istilah bermerek (nama perusahaan pesaing Anda); kecualikan kata kunci yang mengandung “SEMrush” dan sertakan kata kunci dengan BPK lebih besar dari $ 5 dan jumlah kata >3 (untuk mendapatkan kata kunci ekor panjang).

Dasbor Riset Organik Semrush Yang Menunjukkan Peringkat Kata Kunci Menggunakan Filter Lanjutan

SEMrush akan mengekstrak semua kata kunci halaman 1, dan dari sana, Anda bisa memfilter lebih banyak (menggali maksud dari kata kunci tersebut) atau mengekspornya ke Excel.

Dalam contoh kami, kami menemukan 1,7 ribu kata kunci di halaman 1, menghasilkan ~ 8,6 ribu lalu lintas bulanan dengan biaya lalu lintas sebesar $104,8 ribu.

Biaya trafik memperkirakan berapa nilai trafik organik situs tersebut, dengan asumsi Anda membayar trafik yang sama dengan PPC.

Angka-angka tersebut merupakan angka perkiraan dan bukan angka akurat, berdasarkan volume dan klik-tayang dari tingkat kata kunci.

Seberapa akuratkah angka-angka itu?

Cukup akurat. Dari pengalaman saya bekerja dengan ratusan akun, saya akan mengatakan bahwa ini adalah 70% akurat (secara konsisten di bawah angka yang sebenarnya).

Jika tertulis 2,3 ribu, kenyataannya bisa mendekati 3 – 3,5 ribu melalui analisis.

Akurasi tidak diperlukan di sini – tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan tentang kata kunci apa yang membantu menghasilkan lalu lintas untuk mereka, jenis kata kunci apa, dan mengapa.

Biaya trafik adalah nilai BPK dari kata kunci. Angka yang tinggi berarti sebagian besar kata kunci mereka memiliki nilai BPK yang tinggi. Dan nilai CPC adalah indikator bahwa kualitas kata kunci itu baik atau buruk.

Sebagai contoh, jika trafiknya 10 ribu, tetapi biaya trafiknya di bawah 1 ribu, mereka mendapatkan banyak trafik tetapi bukan trafik yang berkualitas. Ini bisa berupa lalu lintas teratas dari kata kunci yang tidak ada yang menawar.

Menemukan postingan blog teratas pesaing

Sekarang, mari kita telusuri isinya.

Tapi pertama-tama, mengapa kita membutuhkan informasi tersebut?

SEO adalah tentang mengoptimalkan konten – jika tidak ada konten, maka tidak ada SEO.

Hal ini disebut “pengoptimalan mesin pencari” karena suatu alasan. Ini berarti Anda mengoptimalkan konten Anda untuk meningkatkan visibilitasnya melalui penelusuran.

Konten bisa dalam bentuk apa saja -salinan penjualan, halaman solusi/produk, atau blog dalam bentuk artikel seperti ini.

Setiap perusahaan yang melakukan SEO dengan benar akan memiliki rencana konten yang solid setidaknya selama enam bulan dan secara aktif memproduksi konten yang menargetkan kata kunci tertentu.

Kita akan melihat melalui SEMrush, berburu postingan blog terbaik dari para pesaing dalam tugas ini.

Pilih “Halaman” dan bukan “Posisi” menggunakan laporan yang sama. Ini akan mengalihkan Anda ke laporan halaman teratas.

Dari sana, Anda dapat menggunakan filter. Misalnya, jika Anda ingin melihat-lihat postingan blog teratas mereka, saring berdasarkan URL yang mengandung “/blog.”

Anda juga dapat memfilter berdasarkan maksud. Ada empat filter maksud

  • Informasi (pengguna ingin menemukan jawaban atas pertanyaan tertentu)
  • Navigasi (pengguna ingin menemukan halaman atau situs tertentu)
  • Komersial (pengguna ingin menyelidiki merek atau layanan)
  • Transaksional (pengguna ingin menyelesaikan suatu tindakan)
Dasbor Riset Organik Semrush Menampilkan Laporan Halaman Teratas Dengan Filter Tingkat Lanjut

Saya lebih suka menghindari filter maksud tersebut, karena kurang akurat. Anda dapat mengetahui maksudnya dengan memeriksa kata kunci dari perspektif pengguna, dan ini jauh lebih akurat.

Postingan blog teratas SEMrush terutama adalah jenis konten yang informatif dan berada di puncak dalam contoh kami. Hasilnya, konten tersebut akan mendatangkan lalu lintas tetapi tingkat konversi yang rendah.

Untuk masuk ke level berikutnya, klik kata kunci untuk melihat peringkat halaman ini untuk kata kunci apa dan berapa nilai BPK dari kata kunci tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai halaman.

Dalam contoh ini, saya akan melihat salah satu halaman teratas mereka /situs web yang paling banyak dikunjungi/ sebuah artikel listicle bentuk panjang yang menghasilkan hampir 62,4 ribu lalu lintas dan peringkat untuk 3,6 ribu kata kunci, itu adalah tambang emas!

Analisis Mendalam Dasbor Semrush Dari Sebuah Halaman Di Dalam Halaman Yang Mencari Peringkat Kata Kunci Di Halaman 1

Saya menggunakan filter yang sama seperti sebelumnya, hanya kata kunci halaman 1, CPC>$1 (setidaknya beberapa perusahaan menawar kata kunci ini), dan kata kunci yang panjang (>3 kata).

Strategi konten yang baik menargetkan audiens top-of-funnel Anda dan mengarahkan mereka melalui jalur konversi dengan penawaran, kampanye pengasuhan, dan iklan penargetan ulang.

Dari analisis tersebut, Anda dapat menggali lebih dalam tentang konten apa yang berhasil bagi mereka, dan mengapa.

Menemukan backlink terbaik dari pesaing

Oke, sekarang kita sudah mengetahui kata kunci dan halaman terbaik, mari kita lihat backlink.

SEO terdiri dari 4 pilar

  • Teknis
  • Konten
  • Pengalaman pengguna
  • Tautan balik

Tautan balik adalah salah satu pilar utama, dan tidak peduli seberapa bagus konten Anda, atau seberapa sempurna situs Anda, SEO Anda tidak akan berfungsi tanpa tautan balik.

Jadi… mengapa kita perlu mengetahui backlink pesaing?

Jika Anda pernah mencoba melakukan SEO, Anda akan tahu bahwa backlink adalah salah satu tugas SEO yang paling menantang dan membosankan.

Menjalankan kampanye penjangkauan membutuhkan waktu berjam-jam untuk melakukan riset, pencarian prospek, dan negosiasi.

Dengan melihat backlink pesaing Anda, Anda bisa memangkas waktu tersebut menjadi setengahnya.

Dari laporan backlink, Anda dapat mengetahui tautan terbaik untuk ditargetkan, teks jangkar, dan bagaimana mereka mendapatkan tautan tersebut.

Saat kami meluncurkan kampanye penjangkauan, salah satu strategi kami adalah mengekstrak semua tautan pesaing kami dan menambahkannya ke daftar prospek – kami melakukan segmentasi dan kemudian meluncurkan kampanye yang dipersonalisasi.

Untuk menganalisis tautan balik, buka ikhtisar domain, dan klik laporan tautan balik.

Dasbor Analisis Backlink Semrush Yang Menunjukkan Tautan Berkualitas Yang Masuk Ke Halaman

Gunakan filter untuk menggali yang bagus.

Aktif, Ikuti, Tautan per ref. domain 1, jenis: teks

Ekspor daftar tersebut ke Excel dan lihat secara manual tautan-tautan tersebut untuk memahami mengapa tautan tersebut tertaut ke halaman tersebut dan bagaimana Anda dapat menirunya.

Pelajari teks berita – apakah itu bermerek atau deskriptif? Mayoritas tautan bermerek, kosong, dan terkadang deskriptif. Anda ingin mencari yang memiliki anchor text (kata kunci deskriptif) yang dioptimalkan dari konten utama.

Laporan Kesenjangan Tautan Balik. SEMrush

Menemukan kata kunci pesaing dengan nilai BPK tertinggi

Sekarang saatnya untuk melihat iklan berbayar pesaing.

Strategi yang baik mencakup semua saluran, bukan hanya SEO dan konten.

Dari tugas ini, kami ingin menemukan dua hal”

  • Kata kunci apa yang mereka tawar, dan mengapa
  • Salinan apa yang mereka gunakan, dan mengapa

Anda dapat memfilter berdasarkan nilai BPK (tinggi ke rendah).

Tren Pencarian Berbayar Semrush Yang Menunjukkan Kata Kunci Dengan Nilai Bpk Penawaran Tertinggi

Beberapa penawaran tertinggi mereka ada di CPC $202.92, jika mereka bersedia membayar sebanyak itu atau kata kunci seperti itu, pasti bagus.

Dalam contoh kami, mereka menawar 551 ribu kata kunci, dengan perkiraan biaya lalu lintas sebesar $362 ribu.

Dari daftar tersebut, Anda dapat melihat apa yang mereka tawarkan. Jadi, misalnya, jika sebuah perusahaan yang dikenal melakukan pemasaran mutakhir, Anda akan menemukan mereka menawar kata kunci terbaik.

Ekspor daftar tersebut dan tambahkan ke daftar kata kunci Anda sendiri -analisis daftar tersebut untuk mengetahui mengapa mereka menawar kata kunci tersebut.

Saya yakin mereka menghabiskan banyak uang dalam pengujian A/B untuk penargetan kata kunci mereka.

Mereka menawar satu kata kunci lebih banyak daripada yang lain, terutama jika iklannya sama dalam jangka waktu yang lama. Kata kunci tersebut adalah kata kunci uang (tingkat konversi tertinggi).

Menganalisis salinan iklan pesaing

SEMrush memiliki keunggulan unik dibandingkan alat lainnya, terutama karena laporan iklan berbayarnya. Anda tidak dapat menemukannya di Ahref atau Moz.

Buka bagian iklan > ikhtisar domain untuk mengakses laporan iklan. Ini akan menampilkan semua data yang terkait dengan iklan.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan iklan bergambar (bagian bawah halaman) dan contoh iklan teks. Kemudian, klik “lihat detail” untuk mengakses laporan lengkap.

Dasbor Riset Iklan Semrush Yang Menampilkan Banyak Salinan Iklan

Anda bisa mengakses semua iklan pencarian mereka dengan semua detailnya dari tangkapan layar di atas. Saya suka cara mereka memvisualisasikan semuanya pada satu layar, sehingga Anda dapat dengan mudah mendeteksi suatu pola.

Anda bahkan dapat melihat iklan display, minat audiens, jenis kelamin, dan materi iklan.

Dengan semua data tersebut, Anda dapat membangun strategi yang menjamin hasil – jika Anda tahu cara memanfaatkan data tersebut.

Menganalisis ulasan pesaing

Sekarang bagian terakhir dari analisis kompetitif ini, ulasannya!

Saya suka ulasan, dan saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca ulasan pesaing saya.

Mengapa?

Pelanggan yang marah dapat mengatakan banyak hal, dan mereka sering kali berbagi banyak wawasan ketika mereka menulis ulasan.

Sebagian mungkin bias, sebagian lagi mungkin terlalu keras (emosional). Tetapi Anda akan mendapatkan wawasan yang bisa sangat membantu.

Ada banyak cara untuk mengekstrak ulasan pesaing.

Jika Anda menggunakan SaaS, seperti SEMrush, G2 adalah tempat terbaik.

Jika Anda memiliki bisnis dalam bidang B2B, clutch.co adalah tempat terbaik.

Ulasan SEMrush pada Clutch.co

Ulasan pelanggan pesaing adalah tambang emas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan

  • Apakah mereka mengeluh tentang suatu fitur? Biaya?
  • Apakah ada pola ketidaksukaan (sesuatu yang dibenci semua orang)?
  • Apakah mereka menyukai fitur tertentu atau sesuatu?
  • Apa yang mereka coba selesaikan? Apakah mereka menyelesaikannya?

G2 hanya mengajukan dua pertanyaan: Apa yang Anda sukai? Apa yang tidak Anda sukai?

Tapi…

Clutch mengajukan banyak pertanyaan.

Begitu banyak pertanyaan yang mencakup latar belakang, tantangan, solusi, hasil, dan penilaian.

Saring ulasan manis dengan bintang 4-5 itu. Sekitar 50% di antaranya palsu (waspadalah) dan dapat dengan mudah dikenali atau diverifikasi.

Cara menerapkan temuan dari analisis pesaing Anda

Analisis persaingan SEO adalah proses berkelanjutan yang membantu Anda melacak persaingan dan menemukan peluang baru. Dengan melihat strategi SEO pesaing Anda, Anda dapat mempelajari kata kunci yang mereka targetkan, iklan yang mereka tawarkan, dan teknik lain yang mereka gunakan untuk mengungguli Anda.

Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda dapat menerapkannya pada strategi SEO Anda sendiri untuk membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan hasil yang lebih cepat. Berikut ini ada beberapa tips tentang cara melakukannya:

1) Targetkan kata kunci yang sama dengan pesaing Anda.

Jika pesaing Anda menargetkan kata kunci tertentu, ada kemungkinan besar kata kunci tersebut menguntungkan bagi mereka. Jadi, targetkan kata kunci yang sama dengan Anda dan dapatkan peringkat yang lebih tinggi dari mereka.

2) Belajarlah dari ide konten terbaik mereka dan lakukan kembali dengan lebih baik.

Jika pesaing Anda melakukan sesuatu yang membantu mereka mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, curi ide mereka dan gunakan dalam strategi SEO Anda sendiri. Hal ini dapat mencakup penggunaan kata kunci yang sama, menargetkan audiens yang sama, atau menjalankan iklan yang sama.

3) Kejarlah backlink yang sama dengan strategi backlink terbalik.

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui cara mengalahkan pesaing Anda adalah dengan meneliti backlink mereka. Ini akan memberi Anda gambaran tentang situs web yang menautkan ke mereka dan bagaimana mereka mendapatkan tautan tersebut. Anda kemudian dapat mencoba mendapatkan tautan dari situs web serupa sendiri.

4) Dengarkan rasa frustrasi dan ketidaksukaan pelanggan.

Konten Anda harus memiliki tujuan yang lebih dari sekadar peringkat untuk kata kunci. Dengan memahami apa yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda, Anda dapat mengisi kesenjangan dalam cakupan mereka dan memenuhi kebutuhan yang mereka abaikan. Hal ini akan membuat blog Anda lebih komprehensif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Kesimpulan

Jika Anda sedang merencanakan strategi pemasaran dan merasa tersesat, tidak apa-apa. Kita semua terkadang merasa tersesat.

Dalam hal analisis kompetitif, ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari ulasan pesaing Anda. Dengan membaca dan menganalisis ulasan pelanggan, Anda dapat mempelajari apa yang mereka sukai, apa yang tidak mereka sukai, dan wawasan lain yang dapat memberi Anda keunggulan di pasar.

Menerapkan informasi ini pada strategi SEO Anda dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan hasil yang lebih cepat. Jadi, luangkan waktu untuk membaca data pesaing Anda dan lihat apa yang bisa Anda pelajari!

Pertanyakan segala sesuatu tentang strategi Anda saat ini, dan jangan puas dengan yang kurang.

Lihatlah pesaing Anda – siapa yang ingin Anda kalahkan dalam enam bulan ke depan dan siapa yang Anda jadikan inspirasi dalam 24 bulan ke depan?

Dibutuhkan banyak pekerjaan, dan terkadang pemilik bisnis tidak memiliki waktu untuk meluangkan waktu untuk kegiatan semacam itu – jadi mengapa tidak membiarkan kami membantu Anda?

Saya akan memberi Anda laporan analisis kompetitif gratis yang lebih baik dari yang satu ini, tanpa pertanyaan, benar-benar GRATIS, dan penuh nilai. Kirimkan saja URL situs web Anda dan beberapa informasi dasar, dan kami bisa melanjutkannya.

⏰ Pesan waktu dengan kami hari ini.