5 Tren TikTok Teratas yang Akan Mendominasi Media Sosial di Tahun 2023

TikTok bukan hanya platform untuk tarian viral, lipsync, dan tantangan. Ini juga merupakan alat yang ampuh untuk pemasaran media sosial yang dapat membantu Anda menjangkau audiens baru, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong konversi.

Tetapi TikTok tidak statis. Sebaliknya, ia terus berkembang dengan fitur, format, dan tren baru yang membentuk cara pengguna mengonsumsi dan membuat konten.

Ikuti terus perkembangan pemasaran TikTok di tahun 2023. Sebaliknya, tetaplah mengikuti tren dan perkembangan terbaru dari platform ini.

Untuk membantu Anda, kami telah membuat daftar 5 tren TikTok terbesar yang akan mengambil alih media sosial pada tahun 2023.

Tren ini didasarkan pada studi penelitian global, wawasan para ahli, dan contoh nyata dari merek dan bisnis yang sukses.

Dengan mengikuti tren ini, Anda dapat membuat konten yang menarik, relevan, dan berdampak besar yang beresonansi dengan audiens target Anda dan meningkatkan hasil.

Siap untuk menemukan apa yang berikutnya? Mari menyelam!

Tren #1: Hiburan yang dapat ditindaklanjuti

Era clickbait sudah berakhir.

Orang-orang bosan melihat video yang menjanjikan sesuatu tetapi tidak memberikannya atau yang meminta mereka untuk “menunggu sampai akhir” untuk CTA yang membosankan.

Pemasar harus lebih baik di tahun 2023-membuat video yang menarik perhatian dan membangun kepercayaan.

Hiburan yang dapat ditindaklanjuti adalah tren yang mengacu pada pembuatan video yang memberikan nilai dan hiburan kepada pemirsa Anda daripada hanya berfokus pada nilai jual.

Ini adalah tentang menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah, memperbaiki situasi, atau meningkatkan pengalaman bagi audiens Anda.

Namun, tidak cukup hanya dengan memberi tahu mereka. Anda harus menunjukkan kepada mereka. Dan Anda harus melakukannya dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan otentik.

Mengapa ini penting?

Karena pengguna TikTok sangat cerdas dan cerdas.

Mereka dapat melihat penjualan yang sulit dari jarak satu mil. Dan mereka tidak menyukainya.

Mereka ingin melihat konten yang relevan, bermakna, dan menghibur bagi mereka.

Menurut TikTok Marketing Science Global Entertaining Ads Study 2022, iklan TikTok dianggap menghibur jika iklan tersebut lucu, personal, dan membuat penonton terhibur.

Elemen-elemen ini akan sangat penting untuk mencapai kesuksesan di platform, karena konten yang hanya berfokus pada nilai jual akan kehilangan daya tariknya.

Akan tetapi, kepercayaan bergantung pada siapa yang membagikan kisah merek Anda.

Pengguna kami senang melihat konten dari orang-orang yang dapat mereka percayai.

Misalkan seorang kreator TikTok memiliki kesamaan dengan audiens Anda. Dalam hal ini, konten mereka akan lebih relevan dan bermakna bagi pemirsa.

Orang-orang juga merasa lebih dekat dengan para pakar industri dan subjek, yang menawarkan pengetahuan dan kiat-kiat orang dalam dalam video mereka.

Beberapa contoh merek atau bisnis yang menggunakan hiburan yang dapat ditindaklanjuti di TikTok adalah:

  • Netflix: Netflix menggunakan humor, meme, dan tren audio untuk mempromosikan acara dan filmnya di TikTok. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #DontLookUpChallenge, di mana mereka meminta para pengguna untuk merekam reaksi mereka saat menonton trailer filmnya yang akan datang, Don’t Look Up.
  • Starbucks: Starbucks menggunakan konten edukasi, konten buatan pengguna, dan tujuan sosial untuk berinteraksi dengan audiensnya di TikTok. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #StarbucksForLifeSweepstakes, yang mengundang pengguna untuk berbagi cara mereka membuat minuman Starbucks favorit mereka di rumah.
  • e.l.f Cosmetics: e.l.f Cosmetics menggunakan lagu-lagu yang menarik, tantangan, dan kolaborasi influencer untuk memamerkan produknya di TikTok. Sebagai contoh, mereka menciptakan lagu viral yang berjudul “Eyes Lips Face” dan menantang para pengguna untuk membuat video dengan menggunakan lagu tersebut dan produk-produknya.

Bagaimana cara membuat video hiburan yang dapat ditindaklanjuti di TikTok? Berikut ini beberapa kiat:

  • Gunakan humor, emosi, atau kejutan untuk menarik perhatian dan membuat pemirsa terpikat
  • Gunakan suara, efek, atau filter populer untuk membuat video Anda lebih menarik dan trendi
  • Gunakan hamparan teks, stiker, atau keterangan untuk menyoroti pesan atau manfaat penting
  • Gunakan ajakan bertindak atau tagar yang jelas untuk mendorong pemirsa mengambil tindakan atau bergabung dalam percakapan
  • Gunakan influencer atau pakar yang dapat berhubungan dengan audiens Anda dan menunjukkan kepribadian merek Anda

Tren #2: Memberikan Ruang untuk Kegembiraan

Hidup memang penuh tantangan.

Kita menghadapi tantangan, ketidakpastian, dan stres setiap hari.

Itulah mengapa kita perlu menyediakan ruang untuk kegembiraan. Kegembiraan bukan hanya emosi sesaat. Ini adalah kondisi pikiran yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan kita.

Memberikan ruang untuk kegembiraan adalah tren yang mengacu pada pembuatan dan konsumsi konten yang memicu emosi positif dan meningkatkan suasana hati kita. Ini adalah tentang menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil, merayakan pencapaian kita, dan mengungkapkan rasa syukur atas apa yang kita miliki.

Mengapa ini penting? Karena pengguna TikTok mencari konten yang membuat mereka senang dan tidak pernah membosankan.

Menurut penelitian TikTok, 90% pengguna yang melakukan tindakan di luar platform karena TikTok mengatakan bahwa aplikasi ini membuat mereka bahagia.

Dan kebahagiaan itu menular.

Ketika kita melihat konten yang membuat kita tersenyum, tertawa, atau menangis terharu, kita ingin membaginya dengan orang lain.

Menyediakan ruang untuk kegembiraan tidak hanya baik untuk kesehatan mental kita, tetapi juga untuk tujuan pemasaran kita.

Konten yang memicu kegembiraan dapat meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan loyalitas merek.

Hal ini juga dapat menciptakan asosiasi positif dengan merek dan produk Anda dan menginspirasi rekomendasi dari mulut ke mulut.

Beberapa contoh merek atau bisnis yang menggunakan ruang untuk bersenang-senang di TikTok adalah:

  • Chipotle: Chipotle menggunakan humor, tantangan, dan konten buatan pengguna untuk membuat konten yang menyenangkan di TikTok. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #ChipotleLidFlip, di mana mereka menantang para pengguna untuk membalikkan tutup mangkuk burrito tanpa menumpahkannya.
  • Oreo: Oreo menggunakan musik, animasi, dan tujuan sosial untuk membuat konten yang menyenangkan di TikTok. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #ProudParent, yang merayakan keluarga LGBTQ+ dan mendorong para pengguna untuk berbagi cerita mereka.
  • Lego: Lego menggunakan kreativitas, nostalgia, dan edukasi untuk membuat konten yang menyenangkan di TikTok. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #LegoRebuildTheWorld, yang menunjukkan bagaimana batu bata Lego dapat digunakan untuk membangun apa saja yang bisa dibayangkan.

HBagaimana cara membuat konten yang menyenangkan di TikTok? Berikut ini beberapa kiat:

  • Gunakan suara yang ceria, warna-warna cerah, atau efek lucu untuk membuat video Anda lebih ceria dan hidup
  • Gunakan pesan positif, pujian, atau afirmasi untuk membuat pemirsa merasa nyaman dengan diri mereka sendiri
  • Gunakan cerita, testimoni, atau ulasan untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memberikan kegembiraan bagi pelanggan Anda
  • Gunakan tantangan, permainan, atau kuis untuk membuat video Anda lebih interaktif dan menyenangkan
  • Gunakan influencer atau selebriti yang dapat menyebarkan kegembiraan dan kepositifan dengan kepribadian dan gaya mereka

Tren #3: Cita-cita yang dibangun oleh komunitas

Konsumen bukanlah sebuah monolit.

Mereka memiliki nilai, preferensi, dan harapan yang berbeda. Dan mereka ingin melihat merek yang mencerminkan dan menghormati keragaman mereka.

Cita-cita yang dibangun oleh komunitas adalah tren yang mengacu pada pembuatan dan konsumsi konten yang selaras dengan minat dan kebutuhan khusus komunitas tertentu. Ini adalah tentang menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda, baik bermain game, berkebun, atau membuat kue bebas gluten.

Mengapa ini penting?

Karena pengguna TikTok setia dan terlibat dengan komunitas mereka. Mereka saling percaya dan mendukung satu sama lain dan saling mempengaruhi keputusan satu sama lain. Menurut penelitian TikTok, 86% pengguna mengatakan bahwa mereka menemukan hal-hal baru di TikTok, dan 77% mengatakan bahwa mereka mengambil tindakan berdasarkan apa yang mereka lihat di TikTok.

Cita-cita yang dibangun oleh komunitas tidak hanya baik untuk membangun hubungan, tetapi juga untuk membangun merek. Konten yang selaras dengan cita-cita komunitas Anda dapat meningkatkan relevansi, kredibilitas, dan advokasi merek. Hal ini juga dapat membantu Anda membedakan diri Anda dari pesaing dan menarik pelanggan baru.

Beberapa contoh merek atau bisnis yang menggunakan cita-cita yang dibangun komunitas di TikTok adalah:

  • Lush Lush menggunakan konten yang etis, edukatif, dan dibuat oleh pengguna untuk membuat konten yang selaras dengan cita-cita komunitasnya yang sadar lingkungan. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #LushLabs, yang menunjukkan bagaimana mereka membuat produknya dengan bahan-bahan alami dan kemasan yang minimal.
  • Nike: Nike menggunakan konten inspiratif, konten motivasi, dan tujuan sosial untuk membuat konten yang selaras dengan cita-cita komunitas kebugarannya. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #YouCantStopUs, untuk merayakan ketangguhan dan keragaman atlet di seluruh dunia.

Bagaimana cara membuat konten yang sesuai dengan cita-cita komunitas Anda di TikTok? Berikut ini beberapa kiat:

  • Gunakan tagar, suara, atau tren yang relevan dengan minat dan kebutuhan komunitas Anda.
  • Gunakan testimoni, ulasan, atau cerita untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu komunitas Anda mencapai tujuannya atau menyelesaikan masalahnya.
  • Gunakan influencer atau selebriti yang dapat mewakili nilai dan kepribadian komunitas Anda.
  • Gunakan tujuan sosial, kampanye, atau inisiatif untuk menunjukkan bagaimana merek Anda mendukung tujuan dan keyakinan komunitas Anda.

Tren #4: Konten yang dilokalkan

Konsumen tidak hanya beragam tetapi juga lokal.

Mereka memiliki budaya, bahasa, dan preferensi yang berbeda tergantung di mana mereka tinggal. Dan mereka ingin melihat merek yang memahami dan menghormati identitas lokal mereka.

Konten lokal adalah tren yang mengacu pada pembuatan dan konsumsi konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masyarakat lokal.

Ini adalah tentang menemukan dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki lokasi yang sama dengan Anda, entah itu kota, provinsi, atau negara.

Mengapa ini penting?

Karena pengguna TikTok bangga dan ingin tahu tentang budaya lokal mereka.

Mereka ingin melihat konten yang menampilkan tradisi, kuliner, landmark, dan acara lokal mereka. Mereka juga ingin belajar lebih banyak tentang budaya lokal lainnya dan bertukar ide dan pengalaman dengan mereka.

Konten yang dilokalkan tidak hanya baik untuk membangun hubungan baik, tetapi juga untuk membangun merek.

Konten yang beradaptasi dengan budaya komunitas lokal Anda dapat meningkatkan relevansi, keaslian, dan loyalitas merek.

Hal ini juga dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan memperluas pasar Anda.

Beberapa contoh merek atau bisnis yang menggunakan konten yang dilokalkan di TikTok adalah:

  • Shopee: Shopee menggunakan konten regional, influencer lokal, dan tren lokal untuk membuat konten yang beradaptasi dengan pasarnya yang berbeda di Asia Tenggara. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #Shopee1212BirthdaySale, yang menampilkan selebriti lokal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
  • Spotify: Spotify menggunakan daftar putar lokal, artis lokal, dan genre lokaluntuk membuat konten yang menarik bagi berbagai pasar di Asia. Sebagai contoh, mereka membuat video dengan tagar #SpotifyWrapped2021, yang menyoroti lagu-lagu dan artis-artis terbaik dari berbagai negara di Asia.

Bagaimana cara membuat konten yang dilokalkan di TikTok? Berikut ini beberapa kiat:

  • Gunakan hashtag, suara, atau tren yang populer atau relevan di pasar lokal Anda
  • Gunakan bahasa lokal, dialek, atau bahasa gaul untuk membuat video Anda lebih mudah dipahami dan menarik
  • Gunakan selebriti lokal, influencer, atau pakar yang dapat mewakili budaya dan kepribadian pasar lokal Anda
  • Gunakan produk, layanan, atau fitur lokal yang dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi pasar lokal Anda

Tren #5: Perdagangan sosial

Konsumen tidak hanya mencari hiburan tetapi juga kenyamanan.

Mereka ingin berbelanja online dengan mudah dan percaya diri. Dan mereka ingin melihat merek yang menawarkan penawaran dan pengalaman terbaik.

Perdagangan sosial adalah tren yang mengacu pada pembuatan dan konsumsi konten yang memfasilitasi belanja dan transaksi online.

Ini adalah tentang menemukan dan terhubung dengan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, baik fesyen, kecantikan, atau makanan.

Mengapa ini penting? Karena pengguna TikTok adalah pembeli yang aktif dan berpengaruh.

Mereka ingin melihat konten yang menampilkan fitur, manfaat, dan ulasan produk atau layanan.

Mereka juga ingin melihat konten yang menawarkan diskon, promosi, atau hadiah.

Perdagangan sosial tidak hanya baik untuk meningkatkan penjualan tetapi juga untuk meningkatkan loyalitas.

Konten yang memberikan nilai dan kenyamanan bagi pelanggan Anda dapat meningkatkan kepuasan, retensi, dan advokasi merek. Hal ini juga dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan pasar Anda.

Beberapa contoh merek atau bisnis yang menggunakan perdagangan sosial di TikTok adalah:

  • Beachwaver Co, pembuat alat pengeriting rambut yang viral, menggunakan etalase dalam aplikasi, tautan di bio, kolaborasi influencer, dan iklan berbayar yang menarik perhatian untuk mengonversi pengguna.
  • Kaja Beauty, merek kecantikan Korea, menampilkan produknya melalui konten buatan pengguna, tutorial, dan tantangan. Aplikasi ini juga memanfaatkan fitur duet TikTok untuk membuat video yang menarik dengan para influencer dan pelanggan.
  • Ocean Spray, sebuah perusahaan jus, memanfaatkan video viral seorang TikToker yang sedang bermain skateboard dan meminum jus cranberry. Perusahaan ini mengiriminya sebuah truk penuh dengan produknya dan membuat video versinya sendiri. Mereka juga bermitra dengan para influencer dan selebriti lainnya untuk bergabung dalam #DreamsChallenge.

Bagaimana cara membuat konten perdagangan sosial di TikTok? Berikut ini beberapa kiat:

  • Tampilkan produk atau layanan Anda secara kreatif dan otentik
  • Gunakan efek video, filter, stiker, dan musik untuk membuat konten Anda menonjol
  • Sertakan ajakan bertindak yang jelas dan tautan ke situs web atau etalase Anda
  • Dorong pengguna untuk berbelanja, mengikuti, menyukai, berkomentar, atau membagikan konten Anda
  • Berkolaborasi dengan influencer atau pelanggan yang dapat menjamin merek Anda dan memberikan bukti sosial
  • Minta mereka untuk membuat konten menggunakan produk atau layanan Anda dan menandai Anda

Kesimpulan

TikTok bukan sekadar platform untuk hiburan.

Ini adalah platform untuk inovasi, inspirasi, dan koneksi.

Memasuki tahun 2023, TikTok akan terus membentuk lanskap media sosial dengan tren dan peluang baru bagi para pemasar.

Dalam artikel blog ini, kami telah membahas 5 tren TikTok teratas yang akan mendominasi media sosial di tahun 2023 dan cara menggunakannya untuk merek Anda.

Baik itu hiburan yang dapat ditindaklanjuti, menyediakan ruang untuk kegembiraan, cita-cita yang dibangun oleh komunitas, konten yang dilokalkan, atau perdagangan sosial, tren-tren ini akan membantu Anda membuat konten yang menarik dan memikat yang dapat mendorong tujuan pemasaran Anda.

Jika Anda ingin memanfaatkan TikTok untuk tujuan pemasaran Anda di tahun 2023, Anda perlu tahu apa yang selanjutnya.

Dan kami di sini untuk membantu. Jadi, hubungi kami hari ini dan biarkan kami membantu Anda membuat strategi pemasaran TikTok yang sesuai untuk Anda.