5 Prinsip yang Tidak Pernah Gagal untuk Menulis Salinan Penjualan yang Efektif + Peretasan Cerdas

Salinan penjualan adalah salah satu materi pemasaran yang paling penting yang dapat diproduksi oleh perusahaan. Inilah yang meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dan dapat membuat atau menghancurkan bisnis. Sayangnya, banyak perusahaan yang tidak tahu bagaimana cara menulis salinan penjualan yang efektif. Mereka menghasilkan teks yang sulit dibaca, hambar, dan tidak menarik. Akibatnya, produk mereka tidak terjual sebaik yang seharusnya.

Untungnya, ada lima prinsip yang bisa Anda ikuti untuk menulis salinan penjualan yang menarik yang akan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda.

Prinsip-prinsip ini adalah: jelas dan ringkas, fokus pada berita utama, gunakan kata kerja dan kata sifat yang kuat, bicaralah kepada audiens Anda seolah-olah Anda sedang berbicara dengan teman Anda, dan kenali audiens Anda. Selain itu, ada beberapa peretasan yang dapat Anda gunakan untuk membuat salinan penjualan Anda lebih efektif.

Inilah yang akan kami bahas dalam artikel blog ini:

1. Apa yang dimaksud dengan Salinan Penjualan dan mengapa hal ini penting?

2. 5 Prinsip Penulisan Naskah Penjualan yang Efektif.

3. Trik yang Dapat Anda Gunakan untuk Membuat Salinan Penjualan Anda Lebih Efektif.

5. Kata Kunci yang Harus Disertakan dalam Salinan Penjualan Anda.

Apa yang dimaksud dengan Salinan Penjualan, dan mengapa hal ini penting?

Salinan penjualan adalah teks yang menggunakan bahasa persuasif untuk meyakinkan pembaca agar melakukan tindakan tertentu – seperti membeli sesuatu, mendaftar ke milis, atau mengunduh konten. Membuat salinan penjualan yang efektif dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan dengan meningkatkan pendapatan.

Hal ini penting karena alasan sederhana – ini dapat membuat perbedaan besar pada tingkat konversi Anda.

5 Prinsip Penulisan Naskah Penjualan yang Efektif

1) Jelas dan ringkas. Jangan membuat pelanggan Anda berpikir terlalu banyak.

Orang tidak mau berpikir karena itu tidak menyenangkan. Selain itu, kebanyakan orang memiliki rentang perhatian seperti ubur-ubur, jadi mengapa mereka ingin menghabiskan waktu untuk mencari tahu tentang apa konten Anda?

Jika mereka tidak dapat langsung memahami apa yang Anda tawarkan, mereka akan pergi ke tempat lain.

Tulislah judul yang digerakkan oleh manfaat, lalu gunakan 2-3 baris berikut ini untuk menjelaskan mengapa judul tersebut berhasil.

  • Apa produk Anda
  • Masalah apa yang dipecahkan oleh produk Anda
  • Siapa yang dapat mengambil manfaat darinya

Gambar produk selalu merupakan ide yang bagus. Orang biasanya lebih cepat memahami gambar daripada kata-kata.

Ringkasan: Saat menulis salinan penjualan untuk sebuah produk, buatlah dengan jelas dan ringkas. Jangan membuat pelanggan Anda berpikir terlalu banyak tentang apa yang Anda tawarkan. Gunakan kata kerja dan kata sifat yang kuat untuk mendeskripsikan produk dan fokus pada berita utama untuk menarik perhatian. Selain itu, sertakan gambar produk untuk membantu orang memahami apa yang Anda jual.

2) Fokus pada berita utama

Salah satu penggunaan yang paling efektif dari salinan penjualan adalah dalam menulis judul.

David Ogilvy, seorang revolusioner dalam dunia periklanan, pernah menyatakan bahwa headline adalah aspek yang paling penting dalam naskah Anda. Dia berkata:

“Rata-rata, lima kali lebih banyak orang membaca judul berita daripada membaca isi berita. Ketika Anda telah menulis judul, Anda telah menghabiskan delapan puluh sen dari satu dolar Anda.”

Orang sering memindai konten, dan judul adalah hal pertama yang mereka baca. Jika tidak menarik perhatian mereka, mereka tidak akan repot-repot membaca lebih lanjut.

Itulah mengapa sangat penting untuk menulis judul berita yang menarik dan mudah diingat. Jika Anda dapat membuat orang membaca judul Anda, ada kemungkinan besar mereka juga akan membaca sisa tulisan Anda.

Banyak copywriter yang mengorbankan kualitas demi kuantitas dengan menulis judul yang panjang dan berlarut-larut untuk surat penjualan online.

Ted Nicholas, seorang copywriter yang memiliki pengalaman dalam menulis berita utama untuk produk yang telah terjual lebih dari $6 miliar dolar, merekomendasikan untuk menggunakan jalan pintas “isi bagian yang kosong”.

Menurutnya, semua berita utama masuk ke dalam salah satu dari 11 kategori ini:

1) Cara (Kosongkan)

2) Rahasia (Kosong)

3) Manfaat bertumpuk

4) Masalah / Solusi

5) Cara / Jaminan

6) Dapatkan (Manfaat) dengan cepat, Terlepas dari…

7) Pemecah masalah

8) Memvisualisasikannya…

9) Cara untuk / Alasan mengapa

10) Jika… Lalu…

11) Perpaduan dari yang sebelumnya

Lain kali saat Anda melakukan brainstorming berita utama, simpanlah daftar ini di dekat Anda sebagai referensi. Anda bisa menggunakannya untuk surat penjualan, video, kampanye email, atau iklan Bayar Per Klik.

3) Bicaralah dengan audiens Anda seolah-olah Anda sedang berbicara dengan teman Anda

Saat Anda menulis salinan penjualan, penting untuk berbicara dengan audiens Anda seolah-olah Anda sedang berbicara dengan teman Anda. Ini berarti menghindari jargon bisnis dan omong kosong yang tidak berarti apa-apa.

Saat Anda menulis naskah, selalu ingat bahwa ada orang lain yang akan membacanya dan membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka baca.

Jika ragu, gunakan “tes teman” untuk melihat apakah salinan Anda terdengar alami dan cukup mudah dipahami. Jika Anda menemukan kalimat yang tidak akan Anda ucapkan kepada teman Anda, ubahlah!

4) Kenali audiens Anda

Setiap audiens berbeda, dan masing-masing membutuhkan pendekatan yang unik untuk menjangkau mereka.

Saat menulis naskah penjualan yang persuasif, penting untuk mengetahui audiens Anda. Menyesuaikan pesan Anda agar beresonansi dengan calon pelanggan sangat penting dalam mengubah mereka menjadi pembeli.

Beberapa cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens target Anda termasuk melakukan riset pasar dan mempelajari basis pelanggan Anda yang sudah ada. Setelah Anda memiliki gagasan yang baik tentang siapa yang ingin Anda jangkau, Anda dapat mulai membuat pesan yang akan menarik secara khusus bagi mereka.

Cara terbaik untuk menentukan audiens Anda adalah dengan membangun persona.

Persona adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda, berdasarkan riset pasar dan data nyata tentang pelanggan Anda yang sudah ada. Mereka memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam pikiran target pembeli Anda dan lebih memahami apa yang memotivasi mereka.

Saat membuat persona, penting untuk melampaui demografi (misalnya, usia, jenis kelamin, pendapatan) dan menyertakan informasi psikografis juga (misalnya, minat, nilai, sikap). Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai siapa target pembeli Anda dan apa yang membuat mereka tertarik.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang audiens target Anda, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat salinan penjualan yang lebih efektif yang berbicara langsung kepada mereka.

5) Gunakan bahasa yang persuasif

Dalam hal copywriting penjualan, bahasa yang persuasif adalah kuncinya. Lagi pula, jika Anda tidak bisa meyakinkan orang untuk membeli apa yang Anda jual, maka Anda tidak akan menghasilkan penjualan.

Dan itulah mengapa menggunakan kata dan frasa persuasif sangat penting – kata dan frasa ini membantu membangkitkan respons emosional pada pembaca Anda, yang dapat mendorong mereka untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Jadi, apa yang membuat naskah penjualan menjadi naskah yang persuasif? Seharusnya begitu:

Ditulis dengan baik – Penulisan naskah profesional tanpa kesalahan dan jelas.

Ringkas – Penulisan naskah yang campur aduk dan panjang dengan cepat kehilangan dampaknya. Penulisan naskah yang paling efektif adalah yang singkat dan lugas.

Cerdas – Anda tidak akan meyakinkan siapa pun dengan keterampilan menulis berkualitas rendah. Copywriting Anda harus cerdas, orisinal, dan informatif untuk menciptakan dampak.

Relevan – Hal yang sama yang membujuk satu audiens mungkin tidak memiliki efek yang sama pada audiens lainnya. Artinya, agar efektif, tulisan persuasif harus berfokus pada topik yang menarik bagi audiens yang ditargetkan.

Sekarang kita telah membahas 5 prinsip yang paling penting, mari kita bahas tentang peretasan yang sering kami gunakan untuk klien kami.

Trik yang Dapat Anda Gunakan untuk Membuat Salinan Penjualan Anda Lebih Efektif

Kiat 1: Dengan menganalisis ulasan pesaing, kita dapat menemukan apa yang tidak disukai pelanggan mereka.

Bagian dari menulis salinan penjualan yang akan beresonansi dengan audiens Anda adalah memahami apa yang membuat mereka tidak puas, masalah apa yang ingin mereka selesaikan, dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli layanan Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan survei – namun hal ini membutuhkan waktu yang lama dan bukan pendekatan yang mudah.

Ada cara yang lebih mudah… ulasan Pelanggan pesaing Anda.

Jika layanan Anda sangat umum, dan ada banyak pesaing yang menawarkan layanan yang sama dengan Anda, kemungkinan besar ada banyak ulasan negatif yang harus dianalisis dan dipelajari.

Mengapa kami melakukan itu?

Untuk membangun proposisi nilai.

Proposisi nilai yang kuat penting untuk setiap copywriting penjualan. Inilah yang meyakinkan calon pelanggan bahwa produk atau layanan Anda sepadan dengan waktu dan uang mereka. Tanpa proposisi nilai yang jelas dan menarik, orang tidak mungkin tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Jadi, jika ada pesaing Anda yang memiliki ulasan buruk di Yelp, Trustpilot, atau Google, kumpulkan semua ulasan tersebut, sematkan semuanya di papan dan lihat apa yang umum di antara semua ulasan.

Dari sana Anda dapat mengetahui apa yang tidak disukai pelanggan, masalah apa yang mereka coba selesaikan, dan apa yang kurang dari layanan pesaing. Semua itu adalah tambang emas untuk menulis salinan penjualan yang mematikan.

Peretasan 2: Menggunakan dukungan AI seperti Jasper AI.

Jasper AI adalah alat bantu copywriting yang menggunakan kekuatan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk menghasilkan konten secara otomatis. Terkadang kami menemukan bahwa hal ini berguna jika digunakan dengan benar.

Hal yang paling kami sukai adalah resep dan templat kerangka kerja yang mereka gunakan.

Kerangka kerja AIDA: Kerangka kerja pemasaran tertua di dunia. Perhatian, Minat, Keinginan, Tindakan.

Kerangka kerja PAS: Masalah-Agitasi-Solusi. Kerangka kerja yang berharga untuk menciptakan ide salinan pemasaran baru.

Hal yang paling menguntungkan dari penggunaan AI seperti Jasper adalah bahwa ia dapat membantu menghilangkan hambatan menulis. Terkadang Anda mungkin bingung harus memulai dari mana. Jasper seperti sebuah tendangan ke pintu untuk memulai.

Kesimpulan

Membuat naskah penjualan yang baik bisa jadi sulit, terutama ketika Anda membutuhkannya untuk menjual. Hal ini sering kali membutuhkan penelitian intensif tentang kebutuhan dan keinginan audiens Anda, banyak investasi waktu dan fokus khusus.

Meskipun situs web Anda hebat dan taktik SEO Anda membuat Anda mendapatkan peringkat untuk kata kunci yang kompetitif, kecuali jika salinan penjualan Anda meyakinkan, tidak ada lagi yang penting.

Jika Anda ingin membantu mengedit naskah penjualan, merencanakan kalender konten, atau mengelola blog dan konten web lain yang diperlukan untuk tujuan pemasaran, kami siap membantu Anda. Tim kami menawarkan layanan penulisan konten yang diarahkan untuk memberikan hasil dalam hal pendapatan dan penjualan.

Kami ingin membantu Anda mengonversi lebih banyak lalu lintas menjadi pelanggan, dan langkah pertama adalah audit konten gratis kami. Analisis salinan penjualan, kata kunci SEO, peringkat, dan visibilitas terhadap konversi akan memungkinkan kami untuk menyesuaikan rencana yang sesuai untuk Anda. Hubungi kami hari ini!